-->

Panggone ngopi, ngeteh, nyoklat, lan nyusu. Nongkrong asik isi dompet tak terusik.

Wednesday 5 April 2017

Jenis-Jenis Sajian Kopi Yang Wajib Dicoba

Salam sruputtt sam mbak, kali ini admin mau ngasih tau beberapa sajian kopi yang wajib dicoba kalau umak mengaku pecinta kopi. Monggo disimak untuk memperkaya rasa dan pengetahuan tentang penyajian kopi. 

Affogato


Namanya sudah sering didengar namun masih jarang ditemukan dalam buku menu padahal cara penyajian Affogato sangat simpel sebab hanya terdiri dari 1 – 2 scoop es krim vanila yang dituang 1 shot espresso di atasnya. Rasa espresso yang kuat dan diklaim tidak akan tahan diminum oleh perempuan pasti akan menjadi lembut setelah bertemu dengan manisnya es krim vanila. 

Espresso Con Panna


Menu lainnya yang melembutkan rasa pahit kopi adalah Espresso Con Panna. Kopi satu ini disukai oleh orang – orang Italia yang suka menambahkan whipped cream ke atas kopi.

Ristretto


Untuk penggemar espresso, sesekali mencoba Ristretto tidak ada salahnya kok. Ristretto dibuat kurang dari 20 detik dalam tekanan tinggi. Ristretto sedikit mirip dengan espresso hanya saja menggunakan air yang lebih sedikit. Ristretto sering disebut sebagai half espresso sebab air yang digunakan dibatasi dan kopi yang dihasilkan juga setengah dari espresso. Ristretto berasal dari Bahasa Italia yang berarti “terbatas” atau “pendek”.

Flat White


Walau tampilannya sama namun Flat White berbeda dengan café latte dan cappuccino. Walau menggunakan bahan baku yang sama yaitu kopi dan susu namun takaran susu untuk flat white lebih banyak dari café latte dan tanpa foam di atasnya. Minuman ini pertama kali dikenalkan pada 1980 di Selandia Baru lalu perlahan – lahan dikenal oleh seluruh Amerika Serikat. Mendefenisikan flat white itu mudah, ia lebih kuat dari café latte dan lebih lembut dari cappucino.

Café Cubano


Dari namanya kita dapat menebak minuman ini dari Kuba. Orang – orang Kuba biasanya menikmati secangkir kopi manis. Cara membuatnya adalah dengan menyiapkan cangkir yang sudah diberi gula baru diseduh dengan espresso kemudian diaduk hingga rata lalu didiamkan. Cara lain menikmati espresso nih!

Cortado


Cortado memiliki arti ‘memotong’, dari bahasa Spanyol dan minuman ini memang datang dari sana. Cortado menggunakan bahan baku espresso dan susu hangat dengan perbandingan 1:1 atau 1:2, banyak yang bilang kalau cortado mirip dengan Macchiato dari Italia.

Yuanyang


Namanya cukup unik untuk sebuah kopi, apalagi mengandung filosofi yang sedikit ‘berat’. Yuanyang sendiri mengacu pada lelaki dan perempuan dan hal ini tercermin dari bahan pembuatannya yaitu kopi yang dicampur dengan teh menggunakan perbandingan 1:1. Banyak orang menyebut Yuanyang sebagai ‘minuman romantis’ karena seperti minuman percintaan sepasang kekasih. Yuanyang terdiri dari kopi hitam (biasanya robusta), black tea dan susu kental manis. Komposisi antara kopi dan teh hampir sama banyaknya.

Libbylou

Penyuka kopi dengan mocha wajib mencoba minuman bernama unik ini. Karena espresso disajikan setelah dicampur dengan mocha dan white mocha. Rasanya lembut jadi bisa dicoba oleh kaum hawa juga.

Guillermo

Gullermo tidak ada hubungannya dengan Gorila. Minuman ini berasal dari 1 – 2 shot espresso yang dituang di atas gelas di dalamnya terdapat potongan jeruk nipis. Minuman ini memiliki rasa yang segar karena peran dari jeruk nipis. Biasanya orang akan menambahkan susu untuk menyeimbangkan rasanya.

Red Eye

Walau terdengar mengerikan, red eye tidak akan membuat mata anda menjadi mereah, malah setelah minum kopi yang satu ini stamina anda akan kembali. Red eye juga biasa disebut sebagai coffee with espresso. Nama – nama lain dari red eye juga banyak yaitu a shot in the dark, black eye, dan eye opener.

Café Con Hielo


Bila ingin menikmati espresso di hari yang panas namun menginginkan sensasi dingin, maka café con hielo bisa menjadi pilihan yang tepat sebab espresso kesukaanmu hanay ditambah dengan batu es saja.

Previous
Next Post »

Post a Comment