-->

Panggone ngopi, ngeteh, nyoklat, lan nyusu. Nongkrong asik isi dompet tak terusik.

Monday 6 March 2017

SOCIOPRENEUR


Sociopreneur adalah pengusaha yang tidak hanya mencari keuntungan pribadi, tetapi juga menyisihkan sebagian keuntungan usahanya untuk kegiatan sosial dan lingkungan.

Seorang socioprenur peduli terhadap lingkungan sekitarnya, karena baginya lingkungan merupakan tempat untuk mendirikan usahanya dan sebagai sumber daya untuk usaha yang digelutinya.

Pada dasarnya, istilah sociopreneur hampir sama dengan CSR (Corporate Social Responsibility), perbedaan keduanya terletak pada pelibatan sosialnya.

CSR hanya menjalankan program sumbangan saja, tanpa melibatkan sosial secara langsung, program tersebut diselenggarakan oleh perusahaan untuk memenuhi kewajibannya kepada lingkungan dimana perusahaan tersebut didirikan.

Sedangkan sociopreneur melibatkan sosial secara langsung untuk menjalankan usahanya.

Keberadaan sociopreneur sebagai penggerak ekonomi dan pembuka peluang usaha dapat mengurangi masalah pengangguran dan kemiskinan di Indonesia, sehingga tingkat perekonomian nasional bisa meningkat.

Jadi, untuk para pengusaha jangan khawatir bisnismu mengalami kerugian karena berbagi dengan lingkungan sekitar, lingkunganmu akan memberikan timbal balik yang setimpal dengan apa yang kalian berikan.

Previous
Next Post »

Post a Comment