-->

Panggone ngopi, ngeteh, nyoklat, lan nyusu. Nongkrong asik isi dompet tak terusik.

Sunday 8 January 2017

Cara Menyeduh Kopi

Sore para rakyat jelata !!! senja memang paling nikmat untuk bersua dengan seduhan kopi, dengan rasa nikmat kopi bisa membangkitkan suasana, semangat, dan ide-ide kreatif. Tapi apalah daya kenikmatan itu tanpa rasa kopi yang istimewa, Monggo merapat ke KOPI JELATA.  

Rasa yang terlalu pahit atau rasa yang terlalu datar semua itu disebabkan karena ekstraksi kopi yang dihasilkan. Jika biji kopi digiling dengan cara yang terlalu halus, maka rasa pahitnya akan sangat terasa, bisa dicoba deh pesen kopi itemnya Kopi Jelata. Sebaliknya jika rasa kopi terlalu datar, semua itu dikarenakan hasil penggilingannya yang kurang halus. Penggunaan air juga mempengaruhi rasa yang dihasilkan. Untuk memperoleh rasa kopi yang berkualitas, gunakanlah air yang telah disaring atau air minum botolan. Untuk menjaga rasa, hindari penggunaan air yang telah disuling atau diringankan kadar mineralnya. Rasio air yang digunakan juga perlu diperhatikan, dianjurkan 1gram kopi 15ml air, di Kopi Jelata kita biasa pakai gramasi 10 gram kopi : 150 ml air.
Suhu air paling ideal untuk menyeduh kopi adalah antara 80 hingga 86 derajat Celcius. Pada suhu ini, kopi akan terekstrak secara optimal. Suhu yang lebih dingin akan menyebabkan rasa kopi terasa datar. Kopi yang dimasak pada suhu yang terlalu panas juga akan menghilangkan kualitas rasa dari kopi tersebut. Lama memasak atau menyeduh kopi juga mempengaruhi rasa kopi. Rasa terbaik dari kopi akan terasa setelah 4 menit terjadi kontak antara kopi dengan air panas. Jika Anda menggunakan plunger pot, waktu kontak idealnya adalah antara 2 hingga 4 menit. Untuk jenis kopi espresso, lama kontaknya hanya berkisar antara 20 hingga 30 detik saja. Jika rasa yang dihasilkan kurang optimal, kemungkinan waktu kontak antara kopi dengan air panas masih terlalu cepat atau bahkan terlalu lama.
Rasa kopi terbaik hanya bisa dinikmati segera setelah waktu kontak idealnya tercapai. Untuk menjaga temperature agar mampu bertahan lebih lama, gunakan cangkir kopi atau mug. Satu hal lagi yang perlu diperhatikan adalah jangan pernah memanaskan ulang kopi Anda. Jika memang sudah dingin, akan lebih baik jika menikmati kopi dalam kondisi tersebut. Meski rasanya sudah memudar, ini jauh lebih baik dibandingkan dengan memanaskannya ulang.

Pada Intinya kalian bisa modifikasi rasa melalui tingkat roasting, tinggi suhu, kehalusan, dan metode. Jika ingin kopi tidak pahit gunakan grind size kasar dan suhu dibawah suhu optimal diatas, jika ingin kopi pahit gunakan grind size halus dan suhu diatas suhu optimal.

Previous
Next Post »

Post a Comment