-->

Panggone ngopi, ngeteh, nyoklat, lan nyusu. Nongkrong asik isi dompet tak terusik.

Thursday 12 January 2017

Cokelat

COKELAT

 

Kakao merupakan tanaman yang berasal dari daerah hutan hujan tropis di Amerika Selatan yang berukuran kecil dan tumbuh terlindung pohon-pohon yang besar. Kakao merupakan salah satu komoditas ekspor yang mampu memberikan kontribusi dalam upaya peningkatan devisa Indonesia. Komoditas kakao menempati peringkat ketiga ekspor sector perkebunan dalam menyumbang devisa negara. Biji kakao diproduksi di Amerika Selatan, Amerika Tengah, India Barat, Afrika Barat, Sri Lanka dan Indonesia. Biji kakao mengandung 35-50% minyak/lemak, 15% pati, 15% protein, 1-4% theobromin, 0,07-0,36% kafein, dan 0,05-0,36% senyawa kafein dan lemak kakao yang berasal dari nib kakao sebanyak 43-53%. Kernel kakao mengandung 0,19-0,30% theobromin dan kulit arinya mengandung sekitar 0,19-2,98 senyawa alkaloid.
Coklat merupakan sebutan untuk makanan ataupun minuman dari olahan biji kakao yang pertama kali dikonsumsi oleh penduduk Mesoamerika kuno. Coklat merupakan produk pangan olahan yang bahan komposisinya terdiri dari pasta coklat, gula, lemak kakao dan beberapa jenis tambahan citarasa (Kelishadi, 2005). Terdapat beberapa jenis produk coklat. Yang pertama coklat hitam (dark chocolate) yang terbuat dari pasta kakao dengan penambahan sedikit gula, yang kedua coklat susu (milk chocolate) yang terbuat dari pasta kakao, lemak kakao, gula dan susu bubuk, dan yang ketiga coklat putih (white chocolate) yang terbuat dari lemak kakao, gula dan susu bubuk. Coklat memiliki kandungan gizi yang beraneka ragam antara lain energi, protein, lemak, 11 karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin B1, vitamin B12, vitamin C, dan vitamin E.
Terdapat 3 jenis lemak dalam coklat, yaitu asam oleat (lemak tak jenuh tunggal), asam stearat, dan asam palmitat. Dari ketiganya, hanya asam palmitat 12 yang memiliki efek buruk pada kesehatan tubuh karena merupakan lemak jenuh utama dalam produk daging dan susu. Mineral, kalsium dan potasium juga terkandung di dalam coklat. Coklat juga mengandung banyak magnesium dan fosfor. Fosfor penting bagi gigi dan pembentukan tulang pada anak-anak. Magnesium dapat mempertahankan fungsi otot dan saraf sehingga bermanfaat untuk menjaga tulang yang kuat dan sistem kekebalan tubuh yang sehat. Coklat juga mengandung vitamin A, B1, B12, C dan E yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh.

Previous
Next Post »

Post a Comment