Sebagai seorang pengusaha maupun pelaku pasar tentu kita sering menemui beragam konsumen dengan perilaku yang berbeda-beda. Ada yang ramah, ada konsumen yang detil, dan ada yang pasif.
Mengenali perilaku-perilaku konsumen seperti di atas sangat penting sebelum kamu mempromosikan produk. Karena menentukan strategi pemasaran haruslah yang sesuai dengan perilaku mereka agar tepat sasaran.
Berikut beberapa perilaku konsumen serta tips cara menghadapinya.
1. Konsumen yang Agresif
Biasanya mereka tidak suka membuang-buang waktu dan menginginkan hasil yang optimal. Oleh karena itu sebisa mungkin jangan terlalu banyak basa-basi ketika menghadapi konsumen agresif. Berikan informasi produk maupun jasa dengan jelas dan to the point. Yakinkan mereka dengan menginformasikan keuntungan yang dapat mereka peroleh dari produk maupun jasa yang ditawarkan. Agar mereka tertarik dengan penawaran kita, dan akhirnya memutuskan untuk membeli produk tersebut.
2. Konsumen yang Ramah
Menghadapi konsumen yang ramah tentu menyenangkan, namun bukan berarti kita tidak melakukan strategi pemasaran apapun untuk menarik perhatian mereka. Jika kamu mendapati konsumen yang cukup ramah, maka sambut keramahan tersebut dengan berusaha menjadi teman mereka. Hubungan baik yang terjali, secara tidak langsung dapat membangun loyalitas konsumen. Sehingga mereka tidak ragu untuk memutuskan berlangganan produk atau jasa yang kita tawarkan.
3. Konsumen yang Detail dan Kritikus
Untuk meyakinkan konsumen seperti ini, berikan informasi secara lengkap dan terperinci. Pastikan semua poin yang ingin kamu tawarkan bisa dimengerti konsumen tersebut. Karena mereka akan terus mencari informasi tambahan, sebelum akhirnya mereka memutuskan untuk membeli sebuah produk.
4. Konsumen yang Pasif
Konsumen pasif biasanya cenderung diam dan sulit untuk tertarik pada sebuah penawaran. Karenanya sebagai pelapak, kamu harus pintar-pintar mengambil hati mereka. Cobalah untuk menawarkan produk atau jasa yang sering mereka butuhkan. Sebab konsumen seperti ini lebih tertarik membeli produk atau jasa yang menjadi kebutuhan utama mereka.
Setelah mengenal berbagai perilaku konsumen serta strategi menghadapinya, semoga kamu bisa memberikan pelayanan terbaik bagi para konsumen. Karena konsumen memegang peranan penting dalam kesuksesan bisnismu.
Tulisan : Arendys Yuwana Pratama di Grup Pengusaha Kota Malang